SBMPTN 2019, Ini Lima Jurusan yang Paling Banyak Diminati di Bidang Soshum, Penasaran?

oleh

Uri.co.id- Sebelum memilih program studi di universitas, para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 perlu mengetahui sejauh mana kemampuan dan minatnya pada suatu bidang ilmu.

Nah, lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang menyukai ilmu-ilmu sosial, menentukan jurusan sesuai minat merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk diterima dalam SBMPTN ini.

Ada baiknya mencari tahu jurusan yang banyak diminati di bidang sosial humaniora (Soshum).

Berikut ini daftarnya:

1. Manajemen

Jurusan ini menjadi salah satu difavoritkan calon mahasiswa yang berburu kesempatan di bangku kuliah.

Banyaknya peminat di jurusan manajemen antara lain karena cukup terkenal dan relatif mudah tersebar di berbagai perguruan tinggi.

Prospek lulusan pun bisa dibilang tidak terbatas karena hampir tidak ada pekerjaan yang tidak memerlukan bagian manajemen dalam operasional.

Manajemen memiliki beberapa sub-bidang bisa dipilih, misal manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, dan manajemen produksi.

Kesempatan pekerjaan juga disesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh tersebut.

Lulusan manajemen diproyeksikan bisa bekerja di bagian manajemen suatu perusahaan, bagian sumber daya manusia (human resource development), dan bahkan nantinya berprospek menjadi manajer hingga direktur.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini menarik cukup banyak peminat belakangan ini karena peluang kerjanya cukup luas.

Materi dipelajari yaitu tentang komunikasi berhubungan dengan pribadi, komunikasi publik, dan komunikasi formal.

Secara spesifik, mahasiswa menempuh studi ini akan belajar antara lain mengenai komunikasi verbal, tulisan, dan audio visual. Hal itu dibagi menjadi berbagai program studi (prodi), misalnya jurnalistik, hubungan masyarakat, penyiaran (broadcasting), dan periklanan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan manajemen juga makin diminati karena berhubungan dengan perkembangan internet, media massa, dan tren dunia hiburan.

Beberapa peluang kerja lulusan jurusan komunikasi di antaranya bisa menjadi pekerja iklan atau media massa, jurnalis, humas (public relation), copywriter, penyiar, pembawa acara, dan pekerja seni.

3. Akuntansi

Salah satu alasan orang memilih jurusan ini adalah kesempatan mendapatkan penghasilan cukup tinggi jika bisa memanfaatkannya dengan baik.

Nantinya lulusan akuntansi akan berada di bagian keuangan suatu lembaga atau perusahaan, di mana dia akan membuat perencanaan dan pencatatan keuangan, menganalisis, serta melaporkannya kepada pihak manajamen.

Seorang akuntan juga bisa mengevaluasi dan mengubah sistem masuk keluar keuangan suatu perusahaan agar performa meningkat.

Dia pun memberi rekomendasi kepada manajer, direktur, dan pemegang saham agar biaya operasional yang dikeluarkan lebih efektif dan efisien sehingga keuntungan perusahaan terus bertambah.

Kesempatan pekerjaan dari jurusan ini yaitu menjadi akuntan di suatu perusahaan, akuntan publik, dan bagian pengelola keuangan.

4. Hukum

Sejak dahulu hingga sekarang, jurusan ini selalu ramai peminat.

Mahasiswa jurusan ini tentu akan mempelajari teori dan praktik ilmu hukum beserta seluk-beluk dalam penerapan.

Peluang kerja dari jurusan ini yakni menjadi pengacara dan notaris, tetapi harus melalui tahap berjenjang mulai dari magang di kantor pengacara dan mengikuti ujian menjadi advokat.

Bagi yang berminat menjadi notaris bisa juga melanjutkan kuliah ke S-2 agar memiliki ilmu dan pengetahuan profesi lebih dalam.

Ada beberapa program studi bisa ditempuh, contoh; hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional, dan hukum ekonomi.

Selain menjadi pengacara dan notaris, kesempatan berkarier jurusan ini dapat menjadi konsultan hukum, jaksa, hakim, jurnalis, atau bekerja di Kementerian Hukum dan HAM.

5. Hubungan Internasional

Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan dari ilmu sosial berjibun peminatnya.

Bidang ini mempelajari tentang cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang lain, terutama orang asing.

Maka dari itu, diperlukan pengetahuan tentang bahasa, etika, kebiasaan, dan budaya dari berbagai negara di dunia sehingga diplomasi bisa berjalan dengan baik.

Berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta pun berlomba-lomba membuka jurusan ini dengan jaminan kualitas akreditas berstandar nasional.

Alumnus lulusan jurusan ini berpeluang besar berkarier sebagai diplomat, negosiator, penerjemah, atau bekerja di Kementerian Luar Negeri. (Erwin Hutapea)

Uri.co.id : Di Bidang Soshum, 5 Jurusan Ini Paling Diminati ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!