SBMPTN 2019 Kurang Sepekan, Hati-hati Jangan Salah Pilih, Ini Jadwal dan Syarat-Syaratnya

oleh

Uri.co.id- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 segera digelar pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

SBMPTN merupakan tahap seleksi lanjutan setelah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang telah diselenggarakan LTMPT sebagai lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi yang sudah berstandar di Indonesia.

Tahun ini, UTBK sudah dilaksanakan dalam 2 gelombang meliputi; gelombang pertama pada 13 April – 4 Mei 2019 dan gelombang kedua pada 11 Mei – 26 Mei 2019.

Menjelang SBMPTN 2019, para peserta wajib mengetahui jadwal pendaftaran yang akan diadakan pada 10 – 24 Juni 2019 dan pengumuman hasil pada 9 Juli 2019.

Selain itu, peserta juga perlu mengetahui syarat dan tahap pendaftaran seperti dipublikasikan di laman resmi SBMPTN 2019, dengan ketentuan sebagai berikut:

Syarat pendaftaran

1. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulus tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah.

2. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulus tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru dengan ditandatangani kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel sah.

3. Peserta memiliki nilai UTBK.

4. Peserta memiliki kesehatan memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

6. Peserta memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

7. Biaya UTBK ditanggung peserta dan subsidi pemerintah.

8. Peserta tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

“Untuk mengikuti SBMPTN 2019, siswa SMA/SMK/MA/sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 telah memiliki ijazah, dan juga memiliki nilai UTBK. Jalur SBMPTN ini untuk siswa-siswi yang tidak lulus jalur SNMPTN 2019,” tegas Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto, Selasa (29/1/2019).

Tahapan pendaftaran

Adapun tahap pendaftaran SBMPTN 2019 yang harus dilakukan yaitu dengan mengakses ke http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dan mengikuti cara sebagai berikut:

1. Peserta mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).

2. Peserta memilih PTN dan program studi dengan ketentuan dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

3. Peserta mengunggah formulir portofolio bagi yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

Tata cara pengisiannya bisa diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id Peserta mengunggah dokumen lain sesuai syarat pendaftaran SBMPTN 2019. Portofolio seni dan olahraga

Berikut ini jenis portofolio yang wajib diunggah sebagai materi tambahan bagi peserta khusus program studi bidang seni dan olahraga untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2019:

1. Portofolio olahraga

2. Portofolio seni rupa, desain, dan kriya

3. Portofolio tari (termasuk sendratasik opsi tari)

4. Portofolio teater (termasuk sendratasik opsi teater atau drama)

5. Portofolio musik (termasuk sendratasik opsi musik)

6. Portofolio seni karawitan

7. Portofolio etnomusikologi

8. Portofolio fotografi

9. Portofolio film dan televisi (Erwin Hutapea)

Uri.co.id : Tinggal Seminggu Lagi, Ini Jadwal dan Syarat Daftar SBMPTN 2019 ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!