Jumlah Penumpang di Terminal Patria Kota Blitar pada Lebaran 2019 Turun Dibandingkan Tahun Lalu

oleh

Uri.co.id| BLITAR – Jumlah penumpang di Terminal Patria, Kota Blitar, mengalami penurunan pada arus mudik Lebaran tahun ini (2019) jika dibandingkan dengan arus mudik Lebaran tahun lalu (2018).

Jika dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang berkurang rata-rata sekitar 500-700 orang per hari pada arus mudik Lebaran 2019 ini.

“Kalau dibandingkan Lebaran tahun lalu, jumlah penumpangnya berkurang banyak. Ibaratanya, lebaran tahun lalu, mulai H-7 rata-rata jumlah penumpang per hari mencapai 2.000 orang, sekarang tinggal 1.300-1.500 orang per hari,” kata Staf Bagian Keamanan dan Lalu Lintas Terminal Patria, Kota Blitar, Danang Kurniawan, Minggu (2/6/2019).

Danang mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya jumlah penumpang di terminal. Antara lain banyaknya angkutan online, travel, dan kendaraan pribadi.

“Sebagian penumpang juga memilih naik kereta api. Makanya jumlah penumpang bus cenderung berkurang,” ujarnya.

Tetapi, kata Danang, jika dibandingkan hari-hari biasa, jumlah penumpang di Terminal Patria sudah mengalami peningkatan sejak H-5 atau Jumat (31/5/2019). Jumlah total penumpang pada H-5 mencapai 2.126 orang. Rinciannya, penumpang datang sebanyak 1.300 orang dan penumpang berangkat 826 orang.

Peningkatan penumpang paling banyak terjadi pada H-4 atau Sabtu (1/6/2019). Jumlah total penumpang pada H-4 mencapai 3.365 orang. Rinciannya, penumpang datang sebanyak 1.725 orang dan penumpang berangkat sebanyak 1.640 orang. “Perkiraan jumlah penumpang akan terus meningkat hingga H-1,” katanya.

Sopir bus non-ekonomi Rukun Jaya tujuan Blitar-Surabaya lewat Jombang, Widodo mengatakan kondisi penumpang pada Lebaran tahun ini turun drastis dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

Menurutnya, hingga H-3 atau Minggu (2/6/2019) ini, kondisi penumpang bus masih sepi.

“Ini tadi dari Surabaya ke Blitar hanya bawa enam penumpang. Sekarang banyak saingan, apalagi ada armada baru dari Blitar ke Surabaya lewat tol Jombang. Penumpangnya ikut berkurang,” katanya.

Padahal, Lebaran tahun lalu, kondisi penumpang sudah ramai sejak H-7 Lebaran. Kondisi penumpang bus selalu penuh. Apalagi mendekati hari H Lebaran, jumlah penumpang bus membludak.

“Lebaran tahun lalu, saya bisa tiga kali PP dan kondisinya penuh terus. Sekarang sekali PP saja tidak ada penumpangnya,” katanya.

Hal serupa dikatakan Markojin, kondektur bus Tentrem tujuan Blitar-Surabaya lewat Malang.

Menurutnya, hingga H-3 ini kondisi penumpang bus masih normal seperti hari-hari biasa. “Tidak ada peningkatan, kondisi penumpangnya masih normal seperti biasanya,” katanya.  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!