Pemkot Blitar Siagakan 10 Petugas Jaga Mobdin yang Dikandangkan di Halaman Kantor Wali Kota

oleh

Uri.co.id| BLITAR – Pemkot Blitar mulai mengandangkan sejumlah mobil dinas (mobdin) yang dipakai operasional organisasi perangkat daerah (OPD) di halaman kantor Wali Kota Blitar, Minggu (2/5/2019).

Pemkot Blitar melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran.

“Hari ini hari terakhir pengumpulan mobil dinas di halaman kantor wali kota. Beberapa OPD sudah mengumpulkan mobil dinas sejak kemarin (Sabtu),” kata Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerag (BPKAD) Kota Blitar, Widoso Saptono Johanes.

Pantauan di lokasi, sejumlah mobil dinas terlihat diparkir di halaman depan sisi timur kantor Wali Kota Blitar, Jl Merdeka. Sebagian lagi diparkir di halaman belakang kantor wali kota. Petugas mengecek kondisi mobil dinas sebelum dikandangkan.

Petugas juga meminta kunci mobil untuk disimpan di kantor wali kota. Sejumlah mobil dinas akan dikandangkan di kantor wali kota mulai 1 Juni 2019 sampai 9 Juni 2019. Sebab, pada 10 Juni 2019, mobil dinas sudah dipakai kembali untuk operasional di tiap OPD.

“Mobil dinas yang kami kandangkan hanya yang untuk operasional saja. Sedangkan mobil dinas untuk pelayanan seperti ambulans tetap siaga di rumah sakit dan puskesmas,” ujar Widodo.

Dikatakan Widodo, Pemkot Blitar sudah menyiapkan petugas untuk menjaga mobil dinas yang diparkir di halaman kantor wali kota. Total ada 10 petugas yang akan menjaga mobil dinas di kantor wali kota selama 24 jam.

“Ada 10 petugas, delapan dari Satpol PP dan dua dari BPKAD yang akan berjaga di kantor wali kota selama 24 jam,” katanya.

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan larangan penggunaan mobil dinas untum mudik Lebaran merupakan imbauan dari KPK. Dia juga sudah mengeluarkan instruksi larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran. Untuk itu, dia meminta semua OPD patuh melaksanakan instruksi itu.

“Kalau masih ada yang tidak patuh, tidak mengumpulkan mobil dinas, tentunya akan kami beri sanksi. Sanksinya sesuai dengan aturan yang ada,” kata Santoso.

Sebelumnya, Pemkot Blitar melarang aparatur sipil negara (ASN) menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran 2019. Pemkot Blitar meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk ‘mengandangkan’ seluruh mobdin di halaman kantor wali kota sebelum cuti bersama.

Jumlah mobil dinas di lingkungan Pemkot Blitar sekitar 98 unit. Sejumlah mobil dinas itu menyebar di beberapa OPD di Pemkot Blitar.  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!