Usaha Kaligrafi Cantik Berbahan Serbuk Kayu di Probolinggo Laris Manis saat Ramadan

oleh

Uri.co.id| PROBOLINGGO – Seni kaligrafi cantik dari limbah serbuk kayu, diproduksi oleh warga probolinggo jawa timur. Selain mempunyai nilai seni tinggi dan ramah lingkungan, harga kaligrafi ini juga terjangkau. Pada bulan ramadan kali ini, omset penjualannya melonjak drastis.

Bulan ramadan membawa berkah bagi Kholili, warga Desa Jati Urip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Pobolinggo, Jawa timur. Produk kaligrafi dari limbah serbuk kayu buatannya laris manis.

“Permintaan kaligrafi serbuk kayu meningkat pesat. Banyak pembeli yang memesan dan membeli secara online. namun ada pula yang membeli langsung ke rumah saya,” katanya.

Ia menjelaskan, biasanya banyak yang pesan kaligrafi ini untuk buah tangan bagi para perantau yang ingin pulang ke kampung halaman.

“Mereka membawanya sebagai buah tangan. Ada juga yang digunakan untuk koleksi pribadi,” tambah dia.

Untuk membuat kaligrafi ini, ia mengawalinya dengan menggambar motif kaligrafi di sebuah kertas. lalu motif di kertas itu, dilubangi dan ditempelkan ke styrofoam. Bahan sejenis gabus itu, kemudian dilubangi juga.

“Pola dari styrofoam, kemudian diisi dengan adonan serbuk kayu plus lem. Proses selanjutnya adalah pengeringan cetakan serbuk kayu basah. Proses itu, memakan waktu sekitar 7-15 hari,” jelasnya.

Dibantu oleh tiga karyawannya, seni kaligrafi bernama sunan kalijaga ini, mampu memproduksi 60 unit per bulannya. Meski bahannya mudah didapat, namun, proses yang rumit membuat produksinya terbatas.

Kaligrafi ini, ramah lingkungan karena tanpa pewarna sintetis. Warna yang tereksplore berasal dari warna alami kayu, sehingga kesan mewah, unik, antik berbaur dalam kalam ilahi yang tergurat.

Satu set produknya dijual dengan harga variatif, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 5 juta rupiah. Harga menyesuaikan kerumitan motif dan ukuran kaligrafi.

“Bisa bertahan awet sampai 10 tahun lebih. Asalkan tidak sengaja dirusak kerajinan ini bisa awet. Banyak yang pesan katanya untuk mempercantik rumahnya,” jeladnya. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!