Kabupaten Jember Jadi Lokasi Akademi Beasiswa DTS 2019

oleh

Uri.co.id| JEMBER – Bagi warga Kabupaten Jember yang tertarik meningkatkan ketrampilan di bidang teknologi informasi, ada kesempatan mengikuti Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kepala UPT Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Eka Handayani menuturkan, DTS 2019 bakal digelar dalam rentang waktu mulai Juni sampai November 2019.

DTS merupakan program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan teknologi informasi.

“Supaya berdaya saing di bidang teknologi informasi untuk menghadapai revolusi industri 4.0. Tujuannya nanti peserta memiliki sertifikasi internasional di bidang ini yang dikeluarkan oleh Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika,” ujar Eka usai mengikuti audiensi perihal DTS 2019 dengan Bupati Jember Faida di Pendapa Wahyawibhawagraha Jember, Kamis (9/5/2019).

Program beasiswa DTS itu sudah dimulai sejak tahun 2018. Tetapi target peserta tahun 2019 ini meningkat menjadi 25 ribu orang di seluruh Indonesia. Jember, termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menjadi lokasi pelaksanaan DTS 2019.

Beasiswa DTS 2019 memiliki empat program yakni vocational shool graduate academy (VSGA), fresh graduate academy (FGA), online academy (OA), dan coding teacher academy (CTA). Eka menerangkan VSGA diperuntukkan bagi lulusan SMK TIK, sedangkan FGA untuk alumni D-3, D-4, S-1, S-2, dan S-3. Sedangkan untuk OA terbuka bagi masyarakat umum, dan CTA untuk guru-guru SMK dan SMA TIK.

“Modul sudah kami siapkan, dan semuanya gratis. Alumni SMK TIK, masyarakat umum, kelompok disabilitas, PNS, non PNS, guru-guru SMK TIK, juga guru SMA yang mengajar TIK silahkan mendaftar program beasiswa ini,” tegas Eka.

Pendaftaran DTS 2019 dibuka mulai 20 April – 19 Mei 2019 secara online di digital.kominfo.go.id

“Seluruh informasi perihal DTS ada di laman tersebut,” imbuh Eka.

Khusus di Kabupaten Jember, pelaksanaan dua program DTS yakni VSGA dan FGA yang dilakukan secara tatap muka di kelas akan digelar di Politeknik Jember.

Eka menuturkan khusus untuk VSGA di Jember ada kuota 200 orang peserta. Karenanya, Eka mengharapkan warga Jember memanfaatkan program tersebut.

“Apalagi untuk yang mengikuti VSGA dan FGA, dari kalangan alumni SMK, juga D-3 dan seterusnya akan kami data, terutama mereka yang belum memiliki pekerjaan karena akan kami sambungkan dengan 113 pelaku industri di bidang teknologi informasi,” tegas Eka.

Usai audiensi itu, Eka mengucapkan terimakasih atas dukungan Bupati Jember Faida. Bupati Faida menginstruksikan kepada para pejabat OPD yang mengurusi TIK di Pemkab Jember untuk mengikuti program tersebut. Sosialisasi juga bakal digelar beberapa hari ke depan berbarengan dengan acara buka puasa.

“Tentunya saya sangat mendukung, apalagi ini untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi. Saya akan sosialisasikan ini kepada warga Jember, karena ini program yang sangat bagus,” tegas Bupati Faida. ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!