800 Warga Telah Daftar Program Mudik Gratis Pemkab Sidoarjo, Tahun Lalu Disediakan 35 Armada Bus

oleh

Uri.co.id| SIDOARJO – Angkutan mudik gratis benar-benar dimanfaatkan oleh warga untuk pulang ke kampung halaman setiap Lebaran Idul Fitri.

Buktinya, baru tiga hari puasa, sudah 800 orang warga Sidoarjo mendaftar program mudik gratis yang digelar oleh Pemkab Sidoarjo pada lebaran 2019 ini.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, lebaran kali ini Pemkab Sidoarjo kembali menyiapkan angkutan mudik gratis. Jumlahnya ada 35 bus yang bisa mengangkut sekitar 1.900 penumpang,” ungkap Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, Rabu (8/5/2019).

Jumlah itu, menurut dia, masih ada kemungkinan bakal ditambah. Menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman.

“Juga disediakan truk untuk mengangkut sepeda motor. Jadi, warga pulang kampung naik bus, sepeda motornya diangkut truk,” urai Cak Nur, Panggilan Nur Ahmad Syaifudin.

Dari jumlah angkutan yang disiapkan itu, diungkapkan oleh Cak Nur bahwa sejauh ini animo masyarakat cukup tinggi. Sekarang saja, sudah ada sekitar 800 orang yang mendaftar.

“Tentu jumlah itu akan terus bertambah seiring semakin dekatnya lebaran. Makanya, kami terus kordinasi dan mempersiapkan beberapa hal agar program ini berjalan lancar serta benar-benar dirasa manfaatnya oleh warga,” imbuh dia.

Terpisah, Kepala Bidang Sarana Prasarana Angkutan Darat Dishub Sidoarjo, Edy Sutiono mengatakan bahwa mudik gratis merupakan program tahunan yang disediakan oleh pemerintah daerah untuk masyarakat Sidoarjo.

“Ini program tahunan, untuk membantu masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman,” ujar Edy.

Program ini semakin banyak diminati warga. Karena jelas lebih nyaman, tidak perlu repot atau mengantre di terminal, dan bisa langsung sampai ke rumah. Plus gratis alias tanpa biaya.

“Fasilitas sudah kami siapkan. Masyarakat hanya diminta untuk mendaftar menggunakan KTP dan KK. Dan tidak ada biaya apapun alias gratis,” jelasnya.

Tahun ini, lanjutnya, pemerintah Sidoarjo menyediakan kurang lebih 35 armada bus. Sejumlah itu juga merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 10 armada bus, dan sisanya 25 bus dari Pemkab Sidoarjo.

 
 
  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!