Wakapolda Jatim Pastikan Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Lancar dan Aman

oleh

Uri.co.id| SURABAYA – Wakapolda Jawa Timur, Brigjen (Pol) Toni Harmanto memastikan proses rekapitulasi suara tingkat provinsi yang berlangsung di Surabaya berjalan lancar, Minggu (5/5/2019).

Toni Harmanto datang memantau rekapitulasi suara tingkat provinsi didampingi Karoops, Dirintelkam, Dirsabhara dan Dirpamobvit Polda Jatim.

“Kami memastikan bahwa proses penghitungan atau rekapitulasi pemilu di tingkat Propinsi berjalan lancar,” kata Toni Harmanto di lokasi.

Dari pantauan Uri.co.iddi lokasi rekapitulasi, proses perhitungan suara mendapat kawalan ketat pihak kepolisian. Selain dijaga ratusan anggota kepolisian, sejumlah kendaraan taktis milik kepolisian pun ikut disiagakan.

Di antaranya, truk water canon lengkap dengan barikade blok, hingga Tambora. Tiga buah tenda milik kepolisian juga didirikan di sekitar lokasi yang dipusatkan di sebuah hotel di Surabaya ini.

Untuk diketahui, saat ini proses perhitungan suara di Jatim telah memasuki rekapitulasi tingkat provinsi. Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi mulai dilakukan, Minggu (5/5/2019).

Berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, acara bertajuk Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jatim ini dihadiri oleh sejumlah peserta pemilu. Dari penyelenggara pemilu, ada KPU dan Bawaslu dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Selain itu, jajaran Tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, saksi dari partai, maupun perwakilan saksi untuk Caleg perorangan (DPD) juga hadir di acara tersebut. Rapat Pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

Berdasarkan penjelasan Anam, pihaknya merencanakan waktu rekapitulasi selama lima hari, 5-9 Mei 2019.

“Kami mengagendakan lima hari. Namun, kami berharap bisa berlangsung lancar dan tidak harus lima hari. Misalnya, cukup tiga hari,” kata Anam pada sambutannya.  ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!