PKB dan Nasdem raih kursi terbanyak di DPRD Jember 2019-2024

oleh

Jember – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) meraih kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Jember periode 2019-2024 dengan masing-masing perolehan sebanyak delapan kursi dari 50 kursi di DPRD Jember.

"Berdasarkan penetapan rapat pleno hasil rekapitulasi perolehan suara tercatat ada 11 partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Jember 2019-2024," kata Komisioner KPU Jember Habib M. Rohan di Kantor KPU Jember, Jatim, Jumat.

KPU Jember menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Timur, dan DPRD Kabupaten Jember yang digelar di Hotel Aston Jember sejak 28 April hingga 2 Mei 2019 pukul 24.00 WIB.

"Ada dua partai yang mendapatkan kursi tertinggi sebanyak delapan kursi di DPRD Jember yakni PKB dan Nasdem, kemudian disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masing-masing mendapatkan tujuh kursi," tuturnya.

Kemudian Partai Golongan Karya (Golkar) mendapatkan dua kursi, Partai Berkarya mendapatkan satu kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapatkan enam kursi, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebanyak dua kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak lima kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak dua kursi, Partai Demokrat sebanyak dua kursi.

"Ada dua partai baru yang mendapatkan kursi di DPRD Jember yakni Partai Perindo dan Partai Berkarya, sedangkan Partai Hanura yang sebelumnya pada pemilu legislatif 2014 mendapatkan tiga kursi di DPRD Jember, kini tidak mendapatkan kursi," ucapnya.

Pada periode 2014-2019, Partai Gerindra mendapatkan sebanyak sembilan kursi, PKB sebanyak delapan kursi, PDIP sebanyak tujuh kursi, Partai Nasdem mendapatkan lima kursi, PKS sebanyak enam kursi, Partai Golkar mendapat lima kursi, PPP sebanyak tiga kursi, Hanura tiga kursi, PAN dan PPP masing-masing dua kursi.

"Kami masih belum bisa menyampaikan nama-nama calon legislatornya yang duduk di DPRD Jember karena masih proses dan rekap baru selesai pada Kamis (2/5) malam pukul 24.00 WIB, sehingga dalam waktu dekat kami juga akan lakukan koordinasi terkait nama-nama legislator di dewan," ujarnya.

Rohan menyampaikan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Jember diraih Partai Gerindra, namun jumlah kursi terbanyak di DPRD Jember didapatkan PKB sebanyak delapan kursi .

Hal tersebut bertolak belakang pada Pemilu Legislatif pada 2014 yakni perolehan suara terbanyak diraih oleh PKB, namun jumlah kursi terbanyak di DPRD Jember didapatkan Partai Gerindra dengan sembilan kursi.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!